Belajar Mengenal Investasi Saham untuk Pemula

By | Februari 26, 2018
Investasi Saham

Investasi Saham

Saham merupakan salah satu jenis investasi yang cukup banyak diminati oleh para investor untuk menanamkan modalnya. Bukan tanpa alasan, keuntungan yang didapat dari investasi ini memang terbilang cukup menggiurkan. Apalagi saat ini bursa saham di Indonesia diklaim menjadi yang terbaik sepanjang sejarah dengan catatan rekor pencapaian IHSG yang semakin meningkat. Banyak pihak yang menilai jika investasi saham ini hanya diperuntukan bagi mereka investor-investor besar. Namun sebenarnya investasi jenis ini bisa dilakukan dengan modal yang relatif kecil.

Mengenal Investasi Saham untuk Pemula

Di Amerika Serikat, masyarakatnya telah terbiasa dengan investasi jenis ini. Bahkan, masyarakat di sana telah terbiasa menyimpan uangnya di bursa saham. Hal ini tentu sangat berbeda dengan di Indonesia yang masih menganggap saham sebagai sebuah bisnis elit yang sulit untuk dijalankan bagi pemilik modal kecil. Saat ini sendiri investor saham di Indonesia jumlahnya masih sangat sedikit jika dibandingkan dengan jumlah penduduknya yang sangat besar.

Hal ini sendiri sebenarnya bisa dimaklumi, pasalnya investasi saham di Indonesia sendiri memang masih belum banyak dipahami sebagai sebuah investasi menarik. Bahkan banyak kalangan masyarakat yang menganggap jika saham merupakan sebuah judi. Padahal, hal tersebut merupakan suatu kesalahan besar yang harus diluruskan. Ada beberapa hal yang perlu dikenali dari bisnis saham ini, diantaranya adalah berikut ini.

Pelaku Saham

  1. Investor

    Investor merupakan orang yang menginvestasikan uangnya di bursa saham. Istilah investor ini sendiri tidak hanya belaku untuk para penanam modal di bursa saham melainkan para pemilik modal yang menginvestasikan uangnya. Untuk menjadi investor saham, Anda harus memiliki kemampuan analisa fundamental dalam menentukan keputusan pembelian saham.

  2. Trader

    Trader merupakan seseorang yang berada dalam investasi saham untuk memperjual belikan saham dengan memanfaatkan fluktuasi harga saham. Trader ini sendiri dapat menjual atau mentransaksikan saham dalam jangka waktu pendek maupun menengah hingga panjang. Berbeda dengan investor, trader sendiri menggunakan analisa teknikal dalam menentukan keputusan dalam menjual belikan sahamnya.

  3. Spekulan

    Spekulan bisa dikatakan sebagai orang yang menggunakan bursa saham untuk berjudi. Di mana, spekulan ini umunya tidak memiliki kemempuan dan kapasitas pengetahuan yang mumpuni mengenai bisnis saham. Sehingga, transaksi yang dilakukan oleh spekulan ini cenderung berdasakan spekulasi atau hanya sekedar ikut-ikutan.

Cara Memulai Investasi Saham

Untuk memulai bisnis saham, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui, agar bisnis yang Anda lakukan berjalan dengan sukses. Di mana, beberapa hal tersebut akan sangat mempengaruhi dengan kesuksesan Anda dalam berinvestasi di bisnis saham ini. Nah, inilah beberapa hal yang perlu Anda pahami ketika akan memulai memutuskan berbisnis saham.

  1. Kenali Keuntungan

    Dalam investasi saham, ada dua jenis keuntungan yang bisa didapatkan Anda sebagai investor. Di mana, keuntungan pertama yang bisa didapatkan adalah Capital Gain. Capital Gain ini adalah keuntungan yang diperoleh dari selisih harga pembelian dan penjualan saham. Sementara itu keuntungan yang kedua adalah pembagian Dividen.

  2. Matangkan Pengetahuan Anda Tentang Saham

    Selain mengenali keuntungan, dalam berinvestasi jenis ini Anda tentunya harus mengenali ilmu dan seluk beluk saham ini secara mendalam. Pahami apa itu saham, bagaimana resikonya serta seperti apa keuntungan serta sistem yang dijalankannya. Dengan memahami berbagai pengetahuan tentang saham ini, Anda bisa menjadikannya sebagai dasar untuk Anda bisa memulai berinvestasi di saham secara siap.

  3. Siapkan Modal

    Komponen yang paling penting dan utama dari berinvestasi tentu adalah modal atau dana. Dana yang dibutuhkan untuk berinvestasi di saham ini sendiri sebenarnya tidak harus besar. Bahkan Anda bisa mulai menjadi investor saham dengan dana mulai dari 100 ribuan. Untuk melakukan investasi di saham ini, gunakanlah dana yang menganggur agar tidak menggangu perekonomian Anda. Hal ini merupakan suatu kewajiban untuk seorang investor.

Nah, itulah beberapa hal tepenting yang harus Anda pahami ketika akan memulai berinvestasi saham. Di mana, dengan mengetahui beberapa hal di atas, Anda tentu bisa memahami dan memperkirakan kemampuan Anda untuk berinvestasi dalam bidang ini. Meskipun sebenarnya masih ada bberapa hal lain yang juga perlu diketahui dari bisnis saham ini, secara umum beberapa hal di atas merupakan hal yang paling penting sebagai dasar Anda ketika akan memulai berbisnis saham. Di mana, jika Anda telah benar-benar mengetahui dasar-dasar di atas, tentu akan lebih mudah bagi Anda untuk mempelajarinya ke tahap yang lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *